Senin, 25 September 2017

Kecerdasaan Buatan (Artificial Intelligence)

Pada saat sekarang ini orang-orang mungkin tidak lagi asing dengan istilah kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Kita sering menemukan kata-kata ini diberbagai hal yang berhubungan dengan komputer mau itu lewat televisi, artikel atau hanya sekedar terbaca di brosur promosi produk. Nah, tapi apa kalian tau apa sebenarnya kecerdasan buatan itu?.

Kecerdasan buatan adalah cabang ilmu pengetahuan yang memungkinkan kita untuk menciptakan sebuah sistem logika berfikir yang menyerupai logika berfikir manusia normal yang selanjutnya akan ditanamkan dalam sebuah mesin (komputer) yang berguna untuk menyelesaikan berbagai masalah yang kompleks dengan cara yang tentu saja manusiawi. Dikatakan manusiawi karena manusia pada dasarnya memiliki sifat empati yang dapat mempengaruhi pola pikir mereka baik dalam menyelesaikan masalah atau bahkan mengambil sebuah keputusan. Jadi dengan kata lain, kecerdasan buatan ini bertujuan untuk menciptakan sebuah mesin (komputer) agar dapat melakukan sebuah pekerjaan sebaik yang dilakukan oleh manusia. Kecerdasan buatan ini sendiri diharapkan dapat menunjang kinerja manusia dimasa depan karena mesin(komputer) tidak lagi hanya sebatas "mesin hitung" karena telah diberikan fungsi penalaran, pengambilan keputusan, serta memiliki pola pikir seperti manusia.

Karena kecerdasan buatan ini, "mungkin" saja dimasa depan kita tidak akan lagi mengenal komputer yang ada pada saat ini dikarenakan bentuknya mungkin akan berubah secara signifikan. Signifikan maksudnya adalah komputer dimasa depan bisa saja akan berbentuk menyerupai manusia asli dengan alat gerak lengkap, punya kelima indera, memiliki wajah, kulit, rambut dan mungkin saja kita bahkan tidak dapat membedakan komputer dan manusia asli. Hal ini mungkin saja atau bahkan benar-benar akan terjadi dilihat dari sangat pesatnya perkembangan komputer dan ilmu pengetahuan tentang teknologi sekarang ini. Tapi apapun yang akan terjadi kedepannya, semoga saja semua perkembangan ini benar-benar akan berdampak baik dan akan memajukan kesejahteraan manusia dimasa yang akan datang.

Jadi, bagaimana menurut kalian? Apakah kecerdasan buatan ini bagus untuk dikembangkan dan membawa dampak baik kedepannya atau malah sebaliknnya? Mari saling berbagi pendapat bersama-sama melalui kolom komentar >.< !!

Sekian, Terimakasih-
®y-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar